Rabu, 13 Oktober 2010

Kiat Sukses Bisnis Waralaba

Sumber: www.AnneAhira.com
Persaingan dalam dunia kerja yang keras dewasa ini membuat tingkat pengangguran yang terus meningkat dari hari ke hari. Pertumbuhan lapangan kerja yang tidak seimbang menjadi salah satu penyebabnya. Banyaknya pencari kerja yang bersaing membuat daya tawar pencari kerja menjadi lemah. Akibatnya, gaji yang diterima para pegawai kadang tidak sebanding dengan pekerjaan dan tanggung jawabnya. Salah satu jalan keluarnya adalah dengan berbisnis. Bisnis yang mungkin bisa menjadi jalan keluar masalah ini adalah bisnis waralaba.



Walaupun Anda seorang enterpreneur sejati, untuk memulai suatu bisnis baru pasti besar resikonya. Waralaba bisa menjadi langkah awal yang tepat. Saat ini, banyak waralaba yang bertebaran. Bidang usaha dari tiap waralaba juga beragam. Mulai dari makanan, minuman, loundry, mini market, bahkan sampai bidang pendidikan. Mulai dari yang modal beberapa juta sampai yang ratusan juta. Tinggal Anda pilih sesuai kondisi dan kemampuan modal Anda.

Banyak kelebihan yang akan Anda dapatkan dengan bisnis waralaba ini. Memulai suatu bisnis yang sudah berjalan tentu akan lebih mudah dan menjanjikan. Beberapa kelebihan lain dari bisnis ini antara lain:

  • Banyaknya pilihan. Anda bisa secara bebas menggarap bidang waralaba yang cocok. Banyaknya pilihan menjadikan Anda lebih mudah untuk memulai bisnis.
  • Tidak perlu mulai dari nol. Setiap bisnis waralaba tidak perlu mulai dari awal. Anda tidak perlu berburu peralatan, bahan dan melakukan percobaan. Ketika Anda bergabung dengan salah satu waralaba, semua hal-hal bersifat teknis ini sudah tersedia. Yang harus Anda siapkan hanya 3, yaitu modal, tempat dan karyawan.
  • Lebih mudah berkembang. Merk dagang dari usaha waralaba banyak yang sudah teruji dan dikenal masyarakat luas. Dengan demikian, usaha Anda ini akan lebih mudah berkembang dibanding dengan merk baru jika Anda memulai usaha baru sendiri.
  • Tidak perlu pusing dengan promosi. Dalam waralaba, promosi biasanya merupakan tanggung jawab pusat. Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing memikirkannya. Anda hanya perlu memikirkan penjualan produk saja.

Anda siap memulai bisnis waralaba ini? Untuk memulainya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya bisnis Anda bisa berkembang. Beberapa hal penting itu antara lain:

  • Lakukan survey terlebih dahulu. Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah survey lokasi. Sebuah bisnis akan sukses jika Anda bisa tahu kebutuhan orang-orang di tempat yang bersangkutan. Dengan survey yang tepat, usaha Anda pasti akan ramai.
  • Pahami sistem kontrak yang berlaku. Setiap waralaba memiliki sistem kerjasama yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk mengambil suatu waralaba, penting bagi Anda untuk mengetahui sistem kontrak yang berlaku. Pembayaran biaya waralaba dan royalti merupakan salah satu hal yang harus Anda cermati.
  • Ketersediaan bahan baku yang memadai. Ada beberapa waralaba yang mewajibkan anggotanya mengambil bahan baku dari pusat. Namun ada juga yang bahan bakunya harus Anda sediakan sendiri. Sebelum mulai usaha, Anda harus memastikan bahwa bahan baku tersebut mudah diperoleh.
  • Adanya cadangan modal untuk biaya operasional. Sebelum mulai bisnis, Anda wajib memperhitungkan biaya operasional dan menyiapkannya untuk beberapa bulan ke depan. Jangan sampai usaha Anda berhenti karena Anda kehabisan dana untuk operasional.
  • Perhitungan resiko dan ROI. Setiap bisnis pasti ada resiko. Anda harus tahu resiko yang ada dari bisnis waralaba yang Anda ambil dan siap dengan resiko tersebut. Perhitungan ROI (Return Of Investment) perlu Anda lakukan untuk mengetahui berapa lama modal Anda akan kembali.

Jika semua sudah Anda persiapkan dengan tepat, saya yakin bisnis waralaba Anda akan sukses. Anda siap menjadi pewaralaba yang sukses?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar